«

Jul 12

Manfaat & Khasiat Daun Sirih

Gambar manfaat dan khasiat daun sirih

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun sirih memiliki beragam manfaat dan khasiat untuk kesehatan pria dan wanita, diantaranya untuk mengobati jerawat, bau badan dan mulut, keputihan dan lain sebagainya. Selain sirih hijau yang biasa kita temui, ternyata ada juga daun sirih merah dan daun sirih hitam. Daun sirih merah sangat terkenal akan khasiatnya dalam mengobati penyakit jantung dan diabetes. Sementara sirih hitam mungkin masih terdengar sedikit asing di telinga kita. Walaupun belum banyak yang mengadakan penelitian mengenai khasiat sirih hitam, namun konon katanya lebih mujarab dibanding sirih merah.

Apakah Daun Sirih Itu?

Sirih merupakan tanaman merambat dan masih bersaudara dengan merica, dan kalau diperhatikan memang tanamannya mirip, mungkin masih sepupuan. Bedanya kalau merica diambil buahnya, sirih diambil daunnya. Sirih merupakan tanaman asli dari wilayah asia selatan dan asia tenggara dan banyak ditemukan di Indonesia, Srilanka, Bangladesh, India dan Nepal.

Walaupun daun sirih adalah daun yang romantis karena bentuknya seperti hati alias love, tapi jangan sekali-sekali anda punya ide untuk membawa seikat daun sirih sebagai pengganti seikat bunga mawar untuk kekasih anda, kalau tidak ingin disemprot begini, “Maksud Loe emang Gue ngidap penyakit apa?” Ide buruk kawan, trust me hehehe.

Dan kalau anda kebetulan jalan-jalan ke Eropa dan tiba-tiba butuh Sirih karena mimisan, jangan sampai bingung tanya orang sana hanya karena tidak tahu bahasa inggrisnya Daun Sirih. Apa coba? Yup betul, bahasa inggrisnya sirih adalah Betel, bacanya bi-tel ya bukan be-tel, kalau bilang be-tel nanti dikira mau ngajakin perang alias Battle hehehe. Kalau bahasa latinnya tahu ga? Pasti pada ga tahu kan, ini dia: Piper betle. Nah sekarang sudah tahu bahasa ilmiahnya kan, besok tinggal ke pasar dan pamer sama simbok-simbok yang jual empon-empon dipasar, “Mbok, saya mau beli Piper Betle seribu saja, oke?” Dijamin simboknya mlongo sambil cengengas-cengenges.

Secara tradisional, Sirih banyak digunakan untuk menginang atau menyirih, alias dikunyah-kunyah di mulut dengan campuran gambir, kapur, dan biji pinang. Campuran bahan-bahan tersebut memiliki efek kimiawi ringan yang bisa menenangkan sistem saraf pusat dan pikiran. Pantes orang kalau nginang kayaknya enjoy banget. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, gusi, dan menyegarkan bau mulut. Siapa tahu permen karet yang mendunia itu juga terinspirasi dari tradisi ini, ya kan?

Kandungan Daun Sirih

Zat yang terkandung dalam daun sirih antara lain: minyak atsiri,  fenil propana,  estragol,  kavicol,  hidroksikavicol,  kavibetol,  caryophyllene,  allylpyrokatekol,  cyneole,  cadinene,  tanin,  diastase,  pati,  terpennena,  seskuiterpena,  dan  gula.  Sementara bagian yang sering digunakan untuk pengobatan adalah bagian daun, tangkai dan minyaknya. Sekarang mari kita tengok manfaat dan khasiat daun sirih.

Apa Saja Khasiat  Daun Sirih:

Untuk Mengobati Mimisan

Mimisan adalah keluarnya darah karena proses perdarahan di dalam hidung. Biasanya mimisan tidak berbahaya kecuali darah yang keluar banyak sekali. Darah akan berhenti begitu proses pembekuan darah di bagian yang luka sudah menutup. Pertolongan pertama untuk orang mimisan adalah menundukkan kepala ke depan supaya darah keluar lewat hidung dan tidak masuk ke kerongkongan atau lambung, jangan lupa tutup hidung dan bernafas lewat mulut. Jika darah terus mengalir setelah beberapa menit segera bawa ke dokter.

Jika disekitar anda terdapat tanaman atau daun sirih segar maka daun ini bisa juga digunakan untuk membantu. Caranya lipat dua bagian daun sirih tepat di pangkal tengahnya kemudian gulung-gulung hingga menyerupai batang rokok, kemudian masukkan ke rongga hidung yang mengeluarkan darah. Efek dari penggulungan ini akan menyebabkan keluarnya minyak atsiri dari daun sirih yang berfungsi sebagai antiseptik luka untuk membunuh kuman dan akan membantu pemulihan luka, serta menghentikan perdarahan.

Untuk Menghilangkan Bau Badan

Bau badan bisa disebabkan dari dalam tubuh maupun luar tubuh. Untuk mengurangi bau badan dari dalam tubuh caranya siapkan 3 lembar daun sirih dan rendam dalam 1 gelas air panas, jangan lupa memasukkan gula putih, gula merah atau madu sebagai pemanis. Tutup dan diamkan sampai suhunya turun dan suam-suam kuku. Minum secara teratur setiap hari sampai bau badan hilang atau berkurang. Sebaiknya menggunakan daun sirih segar, namun kalau tidak ada bisa juga menggunakan teh daun sirih celup yang ada di supermarket.

Supaya lebih efektif, kita juga harus menjaga kebersihan tubuh bagian luar secara maksimal. Mandi secara teratur minimal 2 kali sehari adalah wajib, selain itu ganti baju dengan dengan yang bersih setiap sehabis mandi. Jangan beri kesempatan kepada para bakteri untuk berpesta pora di tubuh Anda. Seandainya memungkinkan pakailah sabun berbahan sirih yang tersedia di pasaran.

Untuk mengobati keputihan

Keputihan ditandai dengan keluarnya carian abnormal berwarna putih kekuningan atau putih keabuan dari dalam organ reproduksi wanita. Cairan ini dapat kental atau encer, dan terkadang juga disertai rasa gatal dan aroma yang kurang sedap. Keputihan ditimbulkan oleh adanya infeksi yang bisa berasal dari bakteri, virus, jamur ataupun parasit. Cara mencegah keputihan adalah selalu menjaga kebersihan dan sanitasi tidak hanya di sekitar organ reproduksi tapi juga pada pakaian dan lingkungan sekitar, termasuk kamar mandi.

Salah satu manfaat dan khasiat daun sirih yang paling sering digunakan adalah untuk mengobati keputihan. Caranya juga cukup sederhana. Siapkan 10 lembar daun sirih segar dan rebus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Biarkan mendidih selama 5-10 menit supaya minyak atisiri dari daun sirih bisa keluar, kemudian diamkan sampai suam-suam kuku. Gunakan air rebusan ini untuk membasuh organ reproduksi dan sekitarnya,  lakukan setiap hari sampai gejala keputihan hilang.

Untuk mengatasi bau mulut dan perdarahan gusi

Bau mulut bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena makanan yang kita makan berbau tajam, misalnya bawang atau alkohol. Merokok juga bisa menyebabkan bau mulut. Selain itu bisa juga disebabkan oleh penumpukan bakteri di dalam mulut yang terlalu berlebihan. Namun ada juga bau mulut yang disebabkan dari dalam tubuh, misalnya karena ada masalah di organ pencernaan, liver, ginjal, saluran pernafasan dan sebagainya.

Untuk bau mulut yang disebabkan oleh adanya masalah di sistem internal tubuh maka cara terbaik adalah dengan mengobati organ yang bersangkutan. Namun seandainya sebabnya adalah penumpukan bakteri atau adanya infeksi di mulut, baik gigi maupun gusi, maka daun sirih dapat membantu. Caranya juga sangat sederhana.

Yang pertama, kita bisa mengunyah daun sirih di mulut kita selama beberapa menit kemudian dibuang. Jangan lupa daun sirihnya dicuci dahulu sampai bersih. Cara ini mirip dengan cara menginang yang sering dipraktekkan nenek moyang kita. Kelemahannya adalah bagi yang belum terbiasa, aroma daun sirih agak menyengat. Cara kedua lebih manusiawi, kumur-kumur dengan air rebusan daun sirih secara teratur dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Air rebusan ini dibuat dengan merebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih dan kemudian dibiarkan dingin.

 Untuk Mengobati Jerawat

Ada beberapa cara pengobatan jerawat menggunakan daun sirih. Cara pertama adalah dari dalam. Siapkan 12 lembar daun sirih dan sepotong jahe kemudian seduh dengan air mendidih dalam sebuah gelas atau cangkir, dan jangan lupa ditutup. Setelah suam-suam kuku, minum ramuan ini 3 kali sehari sampai jerawat berkurang. Ramuan ini baik untuk menghilangkan jerawat dan bintik hitam bekas jerawat.

Cara kedua adalah dengan mengoleskan campuran daun sirih dan kapur sirih ke bintik jerawat dan bekas jerawat. Caranya haluskan kapur sirih dan daun sirih kemudian dioleskan waktu menjelang tidur. Karena sifatnya panas, kapur sirihnya jangan terlalu banyak. Di pagi hari bersihkan cream tradisional ini sampai bersih dengan sabun wajah anda. Teruskan pemakaian sampai jerawat dan bekasnya hilang.

Cara ketiga adalah dengan rajin membasuh muka dengan air rebusan beberapa lembar daun sirih yang dididihkan selama beberapa menit. Dinginkan sampai suam-suam kuku kemudian basuhkan ke wajah 2 kali sehari. Kandungan antiseptik yang tinggi dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Jika anda memiliki masalah keputihan juga, sisihkan sebagian rebusan untuk membasuh organ intim anda.

Update: Dimana bisa mendapatkan daun sirih segar? Anda bisa menanam sendiri atau membeli di pasar di bagian empon-empon (bumbu tradisional) atau juga di supermarket  yang menyediakan sayuran segar.

Apakah sobat  memiliki pengalaman unik dengan daun sirih? Untuk pengobatan atau untuk hal-hal lain yang belum dikupas, mari silahkan dibagi disini.

 

Berbagi dengan sesama adalah hal yang MULIA. Tapi tahukah Anda bahwa tidak HANYA benda materi yang bisa kita bagikan ke orang lain. Sekelumit INFORMASI atau pengetahuan pun juga bisa kita bagikan. Seperti saya membagikan informasi ini kepada siapa saja, MAUKAH anda juga membagikan informasi ini kepada teman anda? Cukup dengan menekan tombol SHARE dibawah ini ke Facebook atau Twitter, mungkin kita sudah menjadi pahlawan bagi orang yang membutuhkan, TANPA kita sadari. Mari bersama-sama kita belajar berbagi, MULAI dari hal yang kecil terlebih dahulu.

 

Pencarian populer:

  • daun sirih
  • sirih merah khasiat
  • sirih hitam asli

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>